Selasa, 02 Oktober 2012

WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Salah satu tugas guru adalah menyiapkan dan merencanakan program pembelajaran agar pembelajaran yang nantinya dilaksanakan oleh guru bersama murid tersebut benar-benar efektif dan terarah. Perencanaan pembelajaran tersebut harus disusun secara sistematik serta mengacu pada permendiknas nomor 41 tentang standar proses untuk satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah yang didalamnya.
Berdasarkan hal tersebut, dalam rangka menyamakan persepsi serta meningkatkan kemampuan tentang penyusunan perangkat pembelajaran, MTs Negeri Benda mengadakan Workshop Penyusunan Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran dengan menghadirkan Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Bapak Drs. Asip Suryadi, M.Ed.
Workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama (Sabtu, 22/9/ 2012) seluruh peserta diberikan materi tentang teknik pemetaan standar isi, penyusunan Silabus, RPP, Program Tahunan, Program Semester serta penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal. Kemudian di hari kedua (Senin, 24/9/2012) seluruh peserta secara bersama-sama sesuai dengan rumpun pelajarannya secara langsung menyusun perangkat pembelajaran tersebut dengan mengacu pada materi yang telah disampaikan pembicara sebelumnya.
Mudah-mudahan program pembelajaran yang direncanakan Bapak/Ibu dewan guru tersebut menghasilkan proses dan hasil pembelajaran yang baik, efektif dan maksimal sehingga pada akhirnya akan melahirkan generasi-generasi muslim yang berkualitas kebanggaan umat. Amin.

Tidak ada komentar: