Kamis, 26 Maret 2009

Care International Indonesia dan KOMPAS FB Gelar Penyuluhan Flu Burung di MTsN Benda




Pada hari rabu tanggal 25 Maret 2009, OSIS MTs Negeri Benda kedatangan tamu dari KOMPAS FB (Komite Masyarakat Pembasmi Flu Burung), yaitu sebuah team yang bermarkas di Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda Kota Tangerang dan bertugas memberikan penyuluhan tentang pencegahan penyakit flu burung. Pada penyuluhan tersebut, KOMPAS FB bekerja sama dengan team “Care International Indonesia” Kota Tangerang.
Kegiatan yang digelar di ruang “Student Centre” (Ruang OSIS) tersebut diikuti oleh 40 siswa, sebagian besar peserta tersebut merupakan pengurus OSIS ditambah dengan perwakilan masing-masing kelas.
Ketika diwawancara oleh team Bulletin OSIS “An-Nahl”, Bapak Mohammad Noor HN sebagai koordinator sekaligus pembicara dari team KOMPAS FB mengatakan bahwa tujuan digelarnya acara tersebut adalah membudayakan kebersihan, baik bersih diri, bersih masyarakat maupun bersih lingkungan dalam rangka menghindari penyakit flu burung.
Lebih lanjut Bapak Mohammad Noor HN menjelaskan bahwa penyakit flu burung merupakan penyakit yang menyerang pada unggas (itik, ayam, bebek, entog dan burung) yang disebabkan oleh virus influenza tipe A yaitu H5N1. Gejala-gejala yang bisa dilihat pada unggas yang terkena penyakit ini diantaranya: nafsu makannya berkurang, produksi telur berkurang, bengkkak pada kepala, dada dan paha kebiru-biruan serta keluar cairan/ingus. Adapun gejala yang terjadi pada manusia yang terjangkit penyakit tersebut diantaranya: panas/demam tinggi, batuk yang berat, pilek serta flu.
Sebagai langkah pencegahannya team KOMPAS FB dan Care International Indonesia menyarankan agar masyarakat membudayakan kebersihan, memasak ayam/telur sampai matang, pisahkan ayam baru dengan yang lama, jangan sentuh ayam sakit serta jangan membuang bangkai sembarangan.
Acara tersebut benar-benar diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta, suasanapun semakin hidup ketika beberapa siswa berdiskusi dengan para pembicara, bahkan di akhir acara, beberapa peserta yang bisa menjawab pertanyaan atau memberikan pertanyaan mendapat bingkisan dari team, mereka diantaranya: Nasiha As-Sakina, Zaenal Aris, Rena Shofhal Jamilah, Leni M. Ulya, arie septianto dan Sudirman.
Sumber: Team Bulletin OSIS “An-Nahl”(Desfy, Nadila, Eva).

Tidak ada komentar: