Minggu, 07 Desember 2008

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa 2008


Di samping sebagai wahana aspirasi dan kreatifitas siswa, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) juga merupakan wadah untuk melatih dan menumbuhkan sikap kepemimpinan siswa yang tentunya akan sangat menunjang terhadap kematangan, kedewasaan berfikir serta kedisiplinan siswa. Ini tentunya mempunyai korelasi yang positif dan signifikan dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk karakter manusia ke arah yang lebih positif dan bertanggung jawab.
Dalam rangka mempertajam sifat dan sikap kepemimpinan tersebut, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTsN Benda Kota Tangerang menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada tanggal 30 Nopember 2008, yang diikuti oleh 75 peserta.
Dalam sambutannya, Wakamad Kesiswaan Drs. Damiri mengungkapkan betapa pentingnya ilmu tentang kepemimpinan, sehingga nantinya diharapkan tumbuh generasi-generasi yang lebih kreatif, disiplin, memiliki mental yang kuat dan bertanggung jawab.
Pembina OSIS MTsN Benda, Ade Zaenudin, S.Ag menjelaskan bahwa acara LDKS ini digelar dengan tujuan: pertama, memberikan pemahaman dan keterampilan tentang keorganisasian dan kepemimpinan kepada siswa; kedua, menyiapkan kader-kader potensial dalam rangka regenerasi kepemimpinan pada kepengurusan OSIS MTsN Benda selanjutnya; ketiga, menumbuhkan komunikasi yang sinergis antar sesama anggota OSIS di berbagai angkatan, bahkan dengan seniornya dan alumni yang pernah menjadi aktifis OSIS MTsN Benda.
Untuk menunjang ketercapaian tujuan-tujuan tersebut, panitia menyajikan kajian-kajian materi yang diantaranya meliputi: materi-materi leadership (kepemimpinan), keorganisasian, ke-OSIS-an, dll. Kajian-kajian tersebut dikemas dalam beberapa materi yang tidak hanya disampaikan secara teoritis, tapi justru lebih banyak disajikan secara praksis dengan harapan agar peserta lebih bisa menyerap dan menerapkan langsung ilmu yang didapat pada pelatihan tersebut.
LDKS OSIS MTsN Benda kali ini menghadirkan beberapa pembicara yang merupakan mantan aktifis organisasi, baik organisasi kesiswaan, kemahasiswaan maupun kemasyarakatan seperti HMI, NU, BEM IAIN, OSIS, Karang Taruna, dan Remaja Masjid, Seperti Al Amin Sulaiman, S.Ag, Saripuddin, S.Ag, Drs. Damiri, Mahmuddin, S,Ag, dan Ade Zaenudin, S.Ag.
Ketua Panitia LDKS, Sudirman mengatakan bahwa dalam acara LDKS kali ini terpilih lima orang peserta terbaik, yaitu: Al-Kayyis, Maulana Akhsan, Sonia Wulandari, Nur Asiah Jamil dan Hari Iswanto. Adapun penilaiannya didasarkan pada: Kedisiplinan, Keaktifan, Kerjasama, Kreatifitas dan kekritisan dalam berargumentasi. (Nadila)
(Buletin OSIS “An-Nahl” Edisi 3/XII/2008)

Tidak ada komentar: